Selasa, 24 April 2018

Tips Pengusaha Muda Membuat Cafe


Tips jadi pengusaha muda membuat cafe


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYvqxRNPNYe7RbhL2i7b7K3we5uB8kYcGFwew8l2HZto-ZkT7YA0ju1PSaZF3qKY_spUT8caoLrpnjJEnOGOlyTGh_FZo4ujMWDmpq_dkhbEENVi5wcewjnEdIYTInZdj1ekcf5wlP96DX/s1600/164.jpg

Dibeberapa negara , kewirausahaan merupakan ilmu yang diajarkan di sekolah, termasuk di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengusaha merupakan salah satu harapan bangsa yang mampu andil dalam kemajuan ekonomi suatu negara.
Tidak perlu menunggu sampai usia matang dan  sedikit menua untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Jiwa enterpreneur sebaiknya dikenalkan sejak tinggi. Jadi tak hanya dokter, astronot, insinyur dan guru yang selalu dibanggakan untuk manjadi cita-cita seorang anak.
Menurut Anda, mengapa pengusaha sebaiknya dikenalkan sejak dini?.
Proses menjadi seorang pengusaha cenderung lama, untuk itu segala hal yang dibutuhkan perlu dipelajari dan diimplementasikan sejak dini, meskipun sejatinya usia tidak membatasi seseorang untuk menjadi pengusaha.  Hal ini akan membantu Anda menjadi pengusaha muda.
Seperti yang Anda ketahui, pada zaman modernisasi , profesi pengusaha semakin diminati oleh masyarakat. Berbondong bondong orang menggunakan ide yang dia miliki untuk menghasilkan uang. Tak sedikit pula dari mereka yang selalu mengambil peluang yang ada disekitar mereka. Jadi, seringkali ditemukan seorang pengusaha yang memiliki berbagai macam jenis usaha. Ilustrasi ini tentunya cukup menggambarkan betapa ketatnya persaingan di dunia usaha.
Oleh karena itu, Anda yang berniat menjadi pengusaha muda yang sukses harus teliti dan kreatif dalam memulai usaha maupun mengembangkan usaha yang sudah Anda miliki. Profesi ini begitu dikagumi oleh semua kalangan. Sepatutnya jika Anda menjadi seorang pengusaha , jadilah pengusaha panutan untuk semua orang dan mampu menginspiirasi siapa saja yang mengetahuinya. Maka dari itu, akan dirangkum 17 cara menjadi pengusaha muda yang menginspirasi sebagai berikut :
  1. Tentukan tujuan yang tepat
    Jika Anda tertarik menjadi pengusaha sukses di usia muda, maka Anda harus catat baik-baik target dan tujuan yang ingin Anda raih secara detail dan terperinci. Sering seringlah lihat catatan Anda sendiri, agar Anda selalu mengingat dan  menghindari untuk melakukan sesuatu yang sedikit menyimpang dari tujuan awal.
  2. Kuatkan tekad
    Tekad harus Anda pupuk. Dengan demikian, diharapkan Anda tidak terlena dengan hal menarik lainnya yang mampu meruntuhkan niat Anda menjadi calon pengusaha muda yang sukses.
  3. Kokohkan mental
    Semua orang tahu, bahwa mental adalah salah satu hal utama yang mempengaruhi keberhasilan pengusahan. Terkadang dalam permainan pasar, pengusaha acap kali disamakan dengan penjudi. Hal ini karena modal yang ditanamkan oleh pengusaha tidak selamanya akan menghasilkan uang yang lebih banyak. Semuanya tidak menjamin kepastian. Untuk itu, tentulah pengusaha harus mempunyai mental yang kuat untuk siap menerima semua kemungkinan resiko yang bisa terjadi.
  4. Susun secara sistematik rencana usaha
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak resiko yang akan dihadapi oleh pengusaha. Perencanaan yang cermat dan bijak dibutuhkan agar segala hal mengenai masalah yang bisa terjadi mempunyai solusi dalam penyelesaiannya. Selain itu, perencanaa ini juga dapat digunakan dalam mengantisipasi kegagalan.
  5. Kuasai konsep yang ditentukan
    Usaha akan bergerak lancar dan sesuai dengan tujuan jika pengusaha memiliki dasar dan pengetahuan yang kuat tentang konsep yang diakan. Dengan memahami konsep secara keseluruhan akan membantu Anda dalam membuat strategi pemasaran yang tepat.
  6. Maksimalkan sumber daya yang ada
    Sumber daya secara matari maupun sumber daya manusia sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Semakin Anda mampu menggunakan sumber daya yang tersedia, maka semakin cepat Anda menuju kata sukses.
  7. Selalu fokus namun terbuka
    Jika Anda mempunyai potensi, bakat atau ketrampilan, maka Anda hanya perlu fokus dengan yang Anda punya, namun tetap terbuka. Artinya, Anda juga harus melihat jenis usaha lain dan berani mencoba usaha lain yang sesuai juga dengan ketrampilan Anda
  8. Apresiasi setiap keberhasilan yang didapatkan.
    Tidak melulu soal kegagalan yang selalu diperbincangkan pada dunia usaha. Beberapa keberhasilan tentunya diharapkan mendominasi pada usaha yang akan Anda geluti. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk mengapresiasi sekecil apapun keberhasilan yang Anda capai. Dengan demikian, Anda akan lebih bersemangat dan enjoy dalam melakukan kegiatan pemasalan atau kegiatan lainnya dalam usaha Anda.
  9. Evaluasi setiap kegagalan yang terjadi
    Sesuai dengan perencanaan, Anda sepatutnya tahu mengenai apa saja kegagalan yang  mungkin terjadi pada usaha Anda. Evaluasi sangat dibutuhkan untuk mengetahu solusi paling tepat dalam mengatasinya. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai peringat agar kegagalan tersebut tidak akan terulang lagi
  10. Utamakan efektifitas dan efisiensi
    Segala jenis proses dalam usaha sangat bergantung pada efektifitas dan efisiensi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah selalu meningkatkan keduanya sebisa mungkin. Semakin efektif dan efisien usaha yang Anda tekuni, maka omset yang didapat tentunya semakin besar. Menjadi pengusaha muda yang suksespun selalu menunggu Anda di depan mata.
  11. Agungkan optimisme diri
    Jiwa pengusaha adalah jiwa yang penuh dengan kata optimis. Jika Anda sedikit saja merasa pesimis, maka akan menjauhkan Anda dari kata sukses. Pasalnya, sikap pesimis terkadang membuat Anda ragu dalam memulai hal baru maupun dalam melakukan trobosan yang luar biasa. Maka mulai sekarang tingkatkan kepercayaan diri Anda dan hilangkan segala rasa kegelisahan atau kekhawatiran akan sesuatu yang tidak akan Anda ketahui sebelum Anda menjalaninya
  12. Anti  putus asa
    Selain optimis, pengusaha juga harus terus berjuang tanpa putus asa. Dalam menanggapi segala kemungkinan kegagalan , sifat ini sangat diperlukan. Kegagalan terkadang membuat Anda berhenti untuk melakukan hal tersebut tanpa ingin memperbaikinya lagi dan membuatnya berhasil . Untuk itu , jangan pernah putus asa dalam menghadapi segala rintangan yang mengusik Anda untuk menuju gerbang kesuksesan
  13. Perbaiki etika dan moral
    Seluruh profesi sangat mengutamakan kepribadian seperti etika dan moral. Tak luput juga untuk seorang pengusaha. Interaksi sosial seorang pengusaha sangatlah banyak. Etika dan moral yang baik tentunya akan memperbaiki citra Anda didepan klien ataupun pekerja Anda
  14. Perbanyak relasi
    Usaha adalah kegiatan yang timbal balik. Jaringan relasi pastinya menjadi penentu utama dalam keberhasilan usaha Anda. Semakin banyak relasi yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda dalam mengepakan sayap dan memperlebar usaha
  15. Menomersatukan kepercayaan
    Setelah mendapat banyak relasi . Kepercayaan adalah hal krusial yang perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya percuma jika Anda mempunyai banyak relasi namun hanya sedikit yang Anda percayai. Hal demikian tentunya akan menghambat Anda dalam melakukan kegiatan usaha dan mengumpulka ide kreatif dari masing masing persetujuan relasi yang Anda miliki
  16. Jadilah pemimpi besar
    Mimpi adalah hak yang dimiliki oleh setiap insan manusia. Jadi apa salahnya jika kita mempunyai mimpi yang besar. Dengan mimipi yang besar, maka target yang kita pasang pun semakin tinggi. Motivasi meraih kesuksesan yang Anda mau sebagai pengusahpun semakin besar.
  17. Ambil tiap peluang dari sekarang
    Hal yang paling cepat untuk Anda implementasikan adalah mengambil peluang yang ada saat ini. Jiwa pengusaha sangatlah pandai dalam mendeteksi peluang dan sangat cepat mengambil peluang tersebut. Tidak banyak menunggu, karena satu peluang bisa saja diperebutkan oleh ribuan calon pengusaha lainnya. Seperti pepatah “siapa cepat dia dapat”, pengusaha yang sukses tidak akan mengulur waktu untuk mengambil peluang yang menggiurkan.
ini adalah tips menjadi pengusaha muda semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yahhh terima kasih .










Tidak ada komentar:

Posting Komentar